Jepang Gelar Latihan Anti Rudal

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Jepang untuk kedua kalinya dalam sejarah melakukan serangkaian latihan anti-rudal di pangkalan udara Amerika Serikat (AS) di wilayah Tohoku Utara. Latihan ini dipicu meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea akibat program rudal dan nuklir Korea Utara (Korut).

Sekelompok kru yang berjumlah 30 orang memasang sistem pencegat rudal Patriot Advanced Capability-3 (PAC-3) yang mampu menangkal rudal jarak pendek dan menengah di Pangkalan Udara Misawa, Prefektur Aomori. Tujuan dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kerjasama AS-Jepang, dan untuk mempersiapkan militer untuk setiap potensi serangan dari Korut.

Merujuk pada peluncuran rudal yang sukses di Korut, komandan subbase Yoshichika Kawahiro mengatakan bahwa tujuan latihan tersebut adalah untuk memperbaiki operasi rudal pencegat dan taktik Angkatan Udara Pasukan Bela Diri Jepang, serta kerja sama dengan Angkatan Bersenjata AS.

"Alasan tambahan mengapa kami mengumumkan pelatihan PAC-3 adalah untuk dapat membantu mengatasi kegelisahan di antara warga negara Jepang," ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI