Jepang jadi Tuan Rumah Pertemuan Dewan Keamanan PBB

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Jepang mengumumkan bahwa pihaknya akan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat menteri anggota Dewan Keamanan PBB pada 15 Desember yang difokuskan untuk menemukan cara damai untuk menekan Korea Utara (Korut) agar menghentikan uji coba rudal nuklir.

Duta Besar Jepang untuk PBB Koro Bessho mengatakan pada sebuah konferensi pers bahwa lebih banyak yang harus dilakukan di luar sanksi sangat kuat. Kini dewan tersebut menargetkan pembiayaan dan bahan untuk program nuklir dan rudal pemimpin Korut Kim Jong-un.

Bessho mengatakan bahwa para anggota sedang mendiskusikan apa yang akan dibahas dalam pertemuan tingkat menteri tersebut. Tidak jelas apakah itu mungkin sebuah pernyataan atau resolusi. Sekretaris Jenderal Antonio Guterres diharapkan untuk memberikan arahan kepada dewan tersebut. pejabat Amerika Serikat mengatakan bahwa Sekretaris Negara Rex Tillerson kemungkinan akan hadir.

Bessho mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono akan memimpin rapat tersebut dan beberapa menteri dan wakil menteri, yang juga tidak disebutkan namanya, juga diharapkan untuk hadir. Bessho mengatakan Dewan Keamanan PBB juga akan bertemu secara terpisah untuk membahas pelanggaran hak asasi manusia di Korut.

Negara sekutu Korut, China, sebelumnya berusaha mencegah pertemuan dengan Dewan Keamanan PBB tersebut selama tiga tahun terakhir. Bessho mengungkapkan pertemuan tersebut kini dapat digelar. (*)

BERITA REKOMENDASI