Jepang Mencari Pengganti Shinzo Abe

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Partai yang berkuasa di Jepang, Partai Demokrat Liberal (LDP), akan menggelar pemilihan pada 14 September mendatang untuk mencari pengganti Perdana Menteri sekaligus Ketua Umum, Shinzo Abe, yang mengundurkan diri karena sakit. Pengumuman resmi dari LDP diharapkan akan muncul pada Selasa atau Rabu malam. Namun, keputusan pemungutan suara secara terbatas telah disetujui.

Para kandidat akan diminta untuk mendaftarkan pencalonan mereka pada 8 September, dan setelahnya boleh melakukan kampanye. Menurut laporan tersebut, pemilihan di internal LDP adalah untuk menentukan pemimpin partai. Sedangkan pemilihan untuk menentukan siapa yang akan mengisi posisi perdana menteri akan dilakukan oleh parlemen untuk memilih perdana pada 16 September mendatang.

Kandidat dari kelompok oposisi juga diharapkan mencalonkan diri untuk posisi perdana menteri, tetapi sebagian besar pemungutan suara dipandang sebagai formalitas yang akan mendukung pemimpin baru dari partai yang berkuasa.

Pemilihan itu biasanya akan dilakukan oleh anggota parlemen partai yang berkuasa dan anggota LDP secara nasional. Namun, LDP telah memilih format terbatas, dengan hanya mengumpulkan suara anggota parlemen dan tiga perwakilan dari masing-masing 47 prefektur di negara itu.

Keputusan itu menuai beberapa kritik, tapi pejabat partai mengatakan akan memakan waktu terlalu lama untuk mengatur pemungutan suara yang lebih luas. (*)

BERITA REKOMENDASI