Jepang Minta Warga Waspadai Rudal Korut

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Korea Utara (Korut) seakan tidak pernah kapok meski sudah dijatuhi sanksi berkali-kali oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Korut kembali menembakkan rudal balistiknya ke arah Jepang pada pagi waktu setempat.

Rudal tersebut kali ini ditembakkan dari Ibu Kota Pyongyang. Mengutip dari The Guardian, Jumat (15/9/2017), rudal tersebut kembali melintas di wilayah udara Hokkaido, Jepang, sebelum mendarat di Samudera Pasifik, sekira 2.000 kilometer (km) sebelah timur Negeri Matahari Terbit.

Pemerintah Jepang mengatakan, rudal tersebut tidak mengancam keselamatan warganya atau pelayaran jalur laut di Samudera Pasifik. Kendati demikian, diwartakan BBC, Tokyo mengimbau warganya untuk mencari tempat perlindungan.

Mengetahui peluncuran tersebut, Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) mengaku sedang menyelidiki detail peluncuran. Pernyataan tersebut disampaikan oleh militer Korsel di Seoul. Sementara itu, Istana Kepresidenan Korsel langsung meminta rapat darurat Dewan Keamanan Nasional. (*)

BERITA REKOMENDASI