Jepang Perkuat Pasukan Militer

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membenarkan akan mengubah UUD pasifis negara itu yang akan diajukan partainya ke parlemen tahun ini juga yang bertujuan memberi peran dan tujuan yang lebih kuat bagi militer. Langkah Abe ini sejalan dengan upayanya memperpanjang masa jabatannya sebagai perdana menteri Jepang.

Perdana menteri Jepang yang kembali berkuasa pada Desember 2012 dengan janji meningkatkan pertahanan dan menghidupkan kembali ekonomi, diperkirakan akan mengalahkan pesaing kuatnya mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba dalam pemilihan ketua Partai Demokrat Liberal.

Kemenangan dalam pemilihan ketua partai tanggal 20 September ini akan memperpanjang masa jabatan sebagai ketua LDP dan akan membuatnya menjadi perdana menteri Jepang terlama karena LDP masih memimpin koalisi di parlemen.

Pasal 9 UUD Jepang melarang negara itu membentuk angkatan bersenjata namun pasal ini diinterpretasikan sebagai boleh memiliki militer untuk kepentingan membela diri. Abe ingin menambah rujukan baru bagi Pasukan Bela Diri Jepang untuk menjelaskan status mereka. (*)

BERITA REKOMENDASI