Jepang-Rusia Setujui Kerangka Perjanjian Damai PD II

BUENOS AIRES, KRJOGJA.com – Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe telah menyepakati pembentukan kerangka kerja dalam upaya pengintensifan negosiasi mengenai perjanjian damai pasca Perang Dunia II.

Kesepakatan itu terjadi ketika Putin dan Abe melakukan pembicaraan singkat di sela-sela KTT G20 di Buenos Aires, Argentin

"Kami berbicara mengenai perlunya menyiapkan mekanisme tambahan untuk interaksi, tentang perlunya meningkatkan tingkat kepercayaan di kedua belah pihak, untuk memperluas kontak kemanusiaan dan hubungan ekonomi kami," ucap Putin sebagaimana diwartakan RT.

Diskusi singkat itu melahirkan rencana Perdana Menteri Jepang untuk mengunjungi Rusia pada awal tahun depan dengan harapan dapat menyelesaikan perjanjian yang telah terhenti selama beberapa dekade lalu.

Selain itu, dikutip dari Japan Times, Senin (3/12/2018), Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dan koleganya dari Rusia Sergey Lavrov berencana untuk mengadakan pembicaraan sebelum Abe menuju Rusia pada Januari.

Deputi Senior Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori dan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Igor Morgulov ditunjuk sebagai “perwakilan khusus untuk memimpin negosiator tingkat kerja, dimana keduanya menerima instruksi langsung dari pemimpin masing-masing. (*)

BERITA REKOMENDASI