Jepang Siap Masuki Fase Baru Covid-19

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan beberapa negara yang kini dilanda gelombang kedua pandemi dianggap lebih siap memasuki fase baru Covid-19.

Direktur regional WHO untuk Pasifik Barat, Dr Takeshi Kasai mengatakan bahwa negara-negara di Asia Pasifik bukan hanya siap menghadapi pandemi, tetapi juga mampu meminilkan dampaknya.

“Pada fase ini, negara-negara semakin mampu meminimalkan dampak skala besar (pandemi) terhadap kehidupan dan ekonomi masyarakat,” kata Takeshi.

Ia menilai negara-negara seperti Jepang, Vietnam, Korea Selatan, dan Australia telah bergerak cepat menanggulangi Covid-19 dibandingkan pada fase sebelumnya yang membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Akan tetapi, Takeshi mengatakan dalam beberapa hal negara-negara ini akan mencatat lebih banyak kasus baru dibandingkan fase sebelumnya.

Lonjakan tersebut menurutnya terjadi karena sejumlah negara sudah melonggarkan kebijakan ketat demi menghidupkan kembali sektor perekonomian.

Untuk itu, ia mengatakan negara-negara yang tengah dilanda gelombang kedua Covid-19 harus lebih tanggap dalam mencegah dampak ekonomi dan kehidupan masyarakat yang lebih luas. (*)

BERITA REKOMENDASI