Jerman Bakal Legalkan Pernikahan Sejenis

Editor: Ivan Aditya

JERMAN, KRJOGJA.com – Parlemen Jerman akan melakukan pemungutan suara guna meloloskan rancangan undang-undang penikahan sesama jenis pada Jumat (29/06/2017). Jika lolos, RUU itu akan menjamin hak penuh bagi penyuka sesama jenis untuk melakukan pernikahan termasuk juga hak mengadopsi anak.

“Jalan menuju kesetaraan sudah terbuka,” ujar Ketua Majelis Rendah Renate Kuenast, melalui Twitter.

Rancangan undang-undang tersebut diyakini akan lolos karena mendapatkan dukungan dari banyak partai. Selain itu, Perdana Menteri Angela Merkel membebaskan anggota parlemen dari partainya untuk memilih sesuai hati nurani mereka.

Saat ini, pasangan LGBT di Jerman hanya bisa mengajukan status ‘persatuan sipil’ jika ingin mengesahkan hubungan mereka. Di sisi lain, Merkel, sejak lama menyuarakan Merkel keberatan pribadi tentang pernikahan sesama jenis dengan hak adopsi. Kesejahteraan anak-anak dalam perkawinan tersebut yang menjadi alasan kekhawatiran Merkel.

Namun, Majelis Rendah yang terdiri dari partai tengah-kiri Sosial Demokrat, Greens dan partai ekstrem kiri Linke, berhasil memperjuangkan RUU tersebut dan membuat Merkel mengubah pemikirannya. (*)

BERITA REKOMENDASI