Jerman Gagas Perdamaian di Suriah

Editor: Ivan Aditya

JERMAN, KRJOGJA.com –  Kanselir Jerman Angela Merkel berencana untuk melakukan pertemuan dengan para pemimpin Turki, Rusia dan Perancis terkait perang di Suriah. Pertemuan itu rencananya akan dilakukan Oktober mendatang.

"Kami mendukung pertemuan empat arah dengan presiden Turki, Rusia dan Prancis dan saya sendiri karena situasi (di Suriah) masih rapuh," kata Merkel.

Merkel mengatakan pembicaraan itu sangat mendesak mengingat situasi yang mengerikan di provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak Suriah. Belakangan, Turki yang sejak 2016 mendukung pemberontak Suriah telah melakukan pembicaraan intensif dengan Iran dan Rusia untuk mengakhiri konflik Suriah.

Rusia dan Turki sebelumnya juga telah melakukan pertemuan di kota wisata Laut Hitam Sochi pada 17 September lalu. Dalam pertemuan puncak itu, keduanya sepakat untuk membuat zona penyangga di Idlib yang bertujuan mencegah serangan militer.

Di sisi lain, Suriah selama ini menerima sokongan militer dari Rusia dan Iran. Mereka pun telah sepakat untuk tidak melakukan serangan dan merebut Idlib. Saat ini, Idlib menjadi benteng pertahanan terakhir para pemberontak ysng telah beperang selama tujuh tahun itu. (*)

BERITA REKOMENDASI