Jet Tempur Amerika Hadang Pesawat Iran

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJa.com – Amerika Serikat mengonfirmasi jet tempur mereka yang mencegat pesawat penumpang Iran Mahan Air di wilayah udara Suriah di Tanf. Sebelumnya televisi pemerintah Iran, IRIB, menuduh jet tempur Israel yang melakukan manuver tersebut.

Komando Pusat AS menyatakan jet tempur F-15 Eagle melakukan inspeksi visual pesawat sipil itu pada jarak 1.000 meter. Militer AS menyatakan identifikasi visual dilakukan dengan aman.

“F-15 AS pada misi udara rutin di sekitar CJTF-OIR di garnisun Tanf di Suriah melakukan inspeksi visual standar pesawat penumpang Mahan Air pada jarak aman sekitar 1.000 meter,” kata Komando Pusat AS.

Namun, tindakan tersebut membuat pilot Mahan Air menurunkan ketinggian secara drastis untuk menghindari tabrakan hingga mengakibatkan beberapa penumpang cedera.

Menurut AS, inspeksi visual dilakukan untuk memastikan keselamatan personel koalisi di garnisun At Tanf. “Begitu pilot mengidentifikasi pesawat itu sebagai pesawat penumpang Mahan Air, F-15 dengan aman membuka jarak dari pesawat.”

Mereka memastikan pencegatan dilakukan secara profesional sesuai dengan standar internasional. (*)

BERITA REKOMENDASI