Jet Tempur Rusia Cegat Pesawat AS Di Baltik

WASHINGTON, KRJOGJA.com – Sebuah Jet Tempur Rusia mencegat kelompok kecil pesawat militer Amerika Serikat (AS) di atas Laut Baltik di tengah latihan militer tahunan. Pejabat militer AS mengatakan, pencegatan itu dilakukan sesuai prosedur dan aman.

Keterangan pejabat Pentagon yang dilansir Russia Today, Minggu (11/6/2017), jet Su-27 itu mencegat sebuah pesawat pengisi bahan bakar Boeing KC-135 Stratotanker yang ditemani dua pesawat pengebom B-1  dan satu unit B-52 yang mengikuti latihan tahunan BALTOPS (Operasi Baltik). 

Foto yang dirilis Departemen Pertahanan AS memperlihatkan jet tempur itu terbang berdampingan dengan pesawat-pesawat AS. Ini bukan satu-satunya pertemuan antara angkatan udara Rusia dan NATO yang terjadi baru-baru ini. Pada 6 Juni, jet tempur Rusia juga telah mencegat pesawat pengebom B-52 AS lainnya di Laut Baltik.

Latihan rutin BALTOPS dimulai pada Sabtu, 10 Juni dan akan berlangsung sampai 16 Juni. Latihan ini melibatkan 5.600 tentara pasukan udara, laut dan darat dari 12 negara anggota NATO. (*)

BERITA REKOMENDASI