JK: Dunia Diharapkan Selesaikan Masalah Pengungsi

NEW YORK (KRjogja.com) – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjadi Ketua Delegasi Indonesia dalam Sidang Tahunan Majelis Umum PBB 2016. Mengawali rangkaian sidang, mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut menyampaikan pidato pada sesi High-Level Meeting of The General Assembly on Addresing Large Movement of Refugees And Migrants.

Dalam pidatonya, JK menekankan beberapa hal penting dalam menyelesaikan masalah pengungsi. Termasuk mendorong negara-negara dunia untuk bahu membahu agar penanganan persoalan ini tepat sasaran. Demikian rilis media dari Kementerian Luar Negeri RI yang dikutip pada Selasa (20/9/2016).

“Masyarakat internasional harus bekerja sama lebih erat guna mengatasi berbagai tragedi kemanusiaan yang dialami para migran," sebut JK di New York.

Dia menekankan hal ini penting. Pasalnya, dalam beberapa waktu belakangan, tingginya pergerakan pengungsi dan pencari suaka termasuk yang tenggelam di laut lepas belum bisa teratasi.

Di depan Sekjen PBB serta sejumlah pemimpin negara, JK menggarisbawahi kerjasama untuk penanganan pengungsi berdasarkan prinsip burden-sharing dan shared-responsibility.

"Burden-sharing dan shared-responsibility bukan berarti tanggung jawabnya dibagi rata, namun semua pihak harus dapat berkontribusi" ucap Wakil Presiden RI. (*)

 

BERITA REKOMENDASI