Joe Biden Sebut Trump Pemicu Kerusuhan di Amerika

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Calon presiden Joe Biden menyebut Presiden Donald Trump sebagai racun yang memicu terjadinya kekerasan dalam gelombang protes dan kerusuhan mematikan yang terjadi selama berminggu-minggu di Amerika Serikat.

“Api sedang berkobar dan kami memiliki seorang presiden yang mengipasi api daripada memadamkannya. Presiden tidak mampu mengatakan yang sebenarnya, tidak mampu menghadapi fakta dan tidak mampu menyembuhkannya,” ucap Biden dalam pidatonya.

Kandidat presiden dari Partai Demokrat itu menyampaikan pidato bernada sindiran jelang sehari sebelum kunjungan Trump ke Kenoshan, Wisconsin. Sindiran Biden ini sekaligus menjawab ucapan Trump yang memmperingatkan warga AS yang hidupnya ‘tidak akan aman’ di bawah pemerintahan Biden.

Menjawab sindiran tersebut, juru bicara Biden berupaya membalikkan keadaan dalam pidato berdurasi 222 menit di Pittsburg. Biden melontarkan pertanyaan yang sama ke pemilihnya “Apakah Anda benar-benar merasa lebih aman di bawah Donald Trump?”.

Pertanyaan tersebut dilontarkan seiring dengan ucapan Biden yang mengatakan jika Trump tidak mampu menghentikan kekerasan yang terjadi selama bertahun-tahun ia menjabat. Sebaliknya, sebagai presiden ia justru mengobarkan kekerasan yang terjadi selama beberapa tahun terakhir. (*)

BERITA REKOMENDASI