Juru Bicara ISIS Tewas

Editor: Ivan Aditya

SURIAH (KRjogja.com) – Salah satu sosok penting dalam kepemimpinan ISIS, Abu Muhammad al Adnani, tewas di Aleppo, Suriah. Pria yang diketahui sebagai Juru Bicara ISIS itu tewas saat sedang melakukan survei persiapan menghadapi operasi militer di Aleppo.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia mengklaim bahwa al Adnani tewas akibat serangan udara mereka akibat diterjang bom dari pesawat bomber Su-34. “Pada 30 Agustus 2016, pesawat bomber Rusia Su-34 menyerang 40 orang militan ISIS di Ma’arat Umm Hawsh. Menurut laporan yang dikonfirmasi oleh intelijen, komandan lapangan atau si juru bicara Abu Muhammad al Adnani tewas,” ujar pernyataan.

Kemenhan Rusia menambahkan, al Adnani diyakini sebagai orang kedua paling berkuasa di ISIS setelah sang pemimpin Abu Bakr al Baghdadi. Abu Muhammad al Adnani juga diyakini sebagai orang yang memerintahkan serangan teror di Eropa Barat dan Amerika Serikat.

Adnani adalah militan ISIS asal Idlib, Suriah yang pernah bergabung dengan Al Qaeda lebih dari satu dekade lalu. Sosoknya kerap muncul saat ISIS mengumumkan peringatan dan ancaman, seperti saat memerintahkan serangan ke Eropa dan Amerika Serikat selama Bulan Suci Ramadan. (*)

BERITA REKOMENDASI