Kalah di Mosul, ISIS Kuasai Pinggiran Kota

Editor: Ivan Aditya

IRAK, KRJOGJA.com – Setelah dipukul mundur dari Mosul, kelompok militan ISIS dilaporkan mulai menguasai Imam Gharbi, sebuah desa di dekat kota tempat mereka mendeklarasikan kekhalifahan mereka itu. Seorang pejabat tentara Irak dan para penduduk mengatakan, ISIS sudah menguasai sekitar 75 persen di Imam Gharbi dan mengerahkan pasukan taktis gerilya.

Kabar ini tersiar setelah Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, mendeklarasikan kemenangan negaranya atas kebrutalan dan terorisme di Mosul karena pasukan negaranya berhasil memukul mundur ISIS di kota tersebut pada akhir pekan lalu.

Namun, koalisi Amerika Serikat yang membantu pasukan Irak mengalahkan ISIS di Mosul, mengingatkan bahwa kemenangan ini bukan berarti akhir dari perang melawan kelompok militan itu secara keseluruhan.

"Sekarang saatnya bagi semua warga Irak bersatu untuk memastikan ISIS benar-benar dikalahkan di semua wilayah Irak dan keadaan yang memungkinkan kebangkitan ISIS di Irak tak kembali lagi," ucap komandan operasi internasional anti-ISIS, Stephen Townsend.

Sementara itu, pembangunan kembali Kota Mosul dan membantu warganya untuk bangkit dari keterpurukan juga menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintahan Irak. Kemenangan atas ISIS ini memang harus dibayar dengan harga mahal. Bukan hanya bangunan rusak, tapi juga ratusan warga sipil tewas dan setengah populasi kota kabur dari rumahnya sendiri. (*)

BERITA REKOMENDASI