Kapal Cina Bertambah di Laut Sengketa

Editor: Ivan Aditya

FILIPINA (KRjogja.com) – Filipina melaporkan peningkatan jumlah kapal-kapal China di wilayah sengketa Scarborough Shoal, Laut China Selatan. Pemerintah Filipina khawatir China akan melakukan reklamasi di perairan tersebut.

Menurut Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana, pesawat militer Filipina yang terbang di atas gugusan karang itu melihat penambahan jumlah kapal China lebih banyak dari biasanya. China memang telah berada di wilayah itu sejak ketegangan antara kedua negara pada 2012. Sejak saat itu, China memblokade perairan tersebut.

“Ada empat kapal patroli pantai China dan enam kapal lainnya, termasuk dua tongkang berwarna biru, di sekitar Scarborough Shoal. Kehadiran banyak kapal selain patroli di wilayah itu membuat kami sangat khawatir,” ujar Lorenzana.

Walau perairan itu hanya terdiri dari beberapa terumbu karang yang mencuat ke permukaan, namun Scarborough Shoal penting bagi Filipina karena airnya yang tenang dan ikannya yang banyak. Manila mengatakan, blokade China adalah pelanggaran hukum internasinal.

Filipina khawatir China akan melakukan reklamasi dan membangun pangkalan militer seperti yang mereka lakukan di wilayah Laut China Selatan lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI