Kapal Induk Amerika Berlabuh di Semenanjung Korea

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Amerika Serikat akan mengerahkan kapal induknya ke perairan Semenanjung Korea bulan depan, di tengah ancaman nuklir Korea Utara yang semakin mengkhawatirkan. Kementerian Pertahanan Korea Selatan menyatakan, pengerahan kapal perang AS ini dilakukan dalam rangka latihan militer gabungan bersama Angkatan Laut negaranya.

"Sekutu akan melakukan latihan militer besama pada Oktober mendatang yang melibatkan batalion kapal induk AS," demikian pernyataan kementerian tersebut dalam laporannya kepada Majelis Nasional.

Kemlu Korsel tak merinci armada yang akan dikerahkan AS. Namun, AS diperkirakan bakal mengirimkan pesawat pengebom strategisnya, B 1B, dari pangkalan militernya di Guam. Pemerintah Korsel juga mengatakan, Seoul dan Washington akan menggelar latihan rudal gabungan bersama Jepang antara akhir September dan awal Oktober mendatang.

Sebelumnya, Presiden Korsel, Moon Jae-in, mengatakan pemerintahnya akan terus memperkuat tekanan kepada Korut dengan menerapkan hukuman yang sangat kuat hingga negara itu tak memiliki pilihan selain menghentikan program nuklirnya. Pernyataan ini sejalan dengan resolusi terbaru PBB yang meminta negara anggota menghentikan kerja sama dan membatasi hubungan dengan Korut, serta mendorong penjatuhan sanksi untuk sejumlah entitas dari pemerintahan Pyongyang lainnya. (*)

BERITA REKOMENDASI