Kapal Induk Liaoning China Siap Hadapi USS Nimitz Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Amerika dan China terlibat saling unjuk kekuatan di Laut China Selatan ditengah memanasnya hubungan dua negara besar ini. Kedua negara pamer militer di Laut China Selatan sebagai bagian dari untuk unjuk kekuatan.

Angkatan udara amerika tercatat telah melakukan 39 kali penerbangan dekat perbatasan China. Pesawat-pesawat Amerika terbang menuju kawasan Laut China Timur dan Selatan, mendekati Hong Kong dan Selat Taiwan.

Sedangkan China saat ini sudah mengerahkan dua kapal induk dan sejumlah kapal perang untuk berpatroli di Laut China Selatan.

Menteri Pertahanan AS, Mark Esper, mengatakan operasi militer mereka di Laut China Selatan bertujuan untuk mempertahankan tingkat perkiraan strategis, sekaligus mengumpulkan prediksi tentang China.

China tentu tidak tinggal diam melihat gelagat AS. Angkatan Udara China beberapa kali mengutus pesawat untuk terbang melintasi kawasan yang menjadi sengketa dengan Taiwan.

Salah satu kapal induk Angkatan Laut China, Liaoning, bahkan sempat berlayar melewati selat Taiwan. Hal itu membuat Taiwan segera mengutus jet tempur untuk mengawasi gerak-gerik kapal induk China tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI