Kapal Perang Amerika Terobos Perairan Venezuela

Editor: Ivan Aditya

VENEZUELA, KRJOGJA.com – Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat memasuki laut Karibia dekat lepas pantai Venezuela. Ini merupakan kedua kalinya dalam tiga pekan terakhir AS melakukan operasi navigasi yang disebut oleh Venezuela sebagai sebuah aksi provokasi.

“Hari ini, kapal perusak rudal berpemandu Arleigh Burke milik AS, USS Pinckney (DDG 91) memasuki area maritim Venezuela di perairan internasional dalam operasi navigasi di Laut Karibia,” kata Komando Selatan AS atau Southcom, Laksamana Craig Faller dalam sebuah pernyataan.

Angkatan Laut AS mengatakan kapal perang itu beroperasi di perairan internasional, di luar yurisdiksi 12 mil di lepas pantai yang diklaim oleh Presiden Nicolas Maduro sebagai milik Venezuela.

“Rezim Maduro tidak secara sah mengklaim kendali berlebihan atas perairan internasional itu, yang membentang tiga mil di luar laut teritorial 12 mil, sebuah klaim yang tidak konsisten dengan hukum internasional,” tulis pernyataan tersebut.

Selain kapal perang USS Pinckney, Angkatan Laut AS dan kapal penjaga pantai lainnya berada di Laut Karibia melakukan operasi anti-narkotika. (*)

BERITA REKOMENDASI