Kapal Perang Amerika Ujicoba Rudal

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Kapal perusak Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Zumwalt menembakkan rudal untuk pertama kalinya dalam pengujian senjata baru-baru ini.

Kapal perusak siluman kelas satu tersebut melakukan uji tembak rudal SM-2 dari peluncur kapal pada Selasa lalu di Rentang Uji Laut Divisi Senjata Udara Angkatan Laut di Point Mugu, California, AS.

Zumwalt pertama kali ditugaskan pada 2016 lalu tapi tidak dikirim ke Angkatan Laut AS dengan sistem tempur fungsional hingga awal tahun ini.

Zumwalt telah menghadapi sejumlah kemunduran signifikan, termasuk pembengkakan biaya dan penundaan besar. Masalah besarnya terletak pada senjata utama kapal, yakni dua senjata 155 milimeter dari Advanced Gun System.

Satu putaran Proyektil Serangan Darat Jarak Jauh akan menelan biaya hampir US$1 juta atau sekitar Rp14,6 miliar, angka itu mendekati peluru kendali daripada peluru artileri.

Itu bukanlah satu-satunya masalah terkait senjata tersebut. Wakil Laksamana William Merz yang saat itu menjabat sebagai wakil kepala operasi angkatan laut untuk sistem peperangan, mengatakan kepada Kongres pada 2018 bahwa senjata tersebut juga tidak memiliki jangkauan yang diinginkan. (*)

BERITA REKOMENDASI