Kapal Tiongkok Eksploitasi Pasir Ilegal di Laut China Selatan

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Kapal pengeruk diduga berasal dari China terlihat melakukan pengambilan pasir secara tidak sah di Laut China Selatan. Aktivitas ilegal tersebut tertangkap citra satelit.

Dari gambar itu terlihat ratusan kapal keruk mengambil pasir laut dan dipindahkan ke kapal tongkang. Diduga pasir itu akan digunakan oleh China untuk membangun pulau reklamasi di Laut China Selatan.

Pada 17 April lalu, penjaga pantai Taiwan dilaporkan mengusir sekitar 40 kapal keruk dari kawasan utara Laut China Selatan. Namun, pada 3 Mei lalu kapal-kapal tersebut kembali dan mengeruk pasir.

Kapal tersebut mempunyai alat yang bisa menyedot pasir. Masing-masing kapal bisa mengangkut ratusan ton pasir dan melakukan pelayaran secara berkala.

Menurut Presiden Masyarakat Peduli Alam dan Margasatwa, Jeng Ming-shiou, diperkirakan kapal-kapal China tersebut bisa menyedot 100 ribu ton pasir dalam sehari.

Jeng mengatakan kegiatan tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun. Diduga pasir itu dibawa ke pelabuhan Qiwei di Provinsi Fujian, dan diperkirakan digunakan salah satunya untuk proyek reklamasi perluasan bandara Hong Kong. (*)

BERITA REKOMENDASI