Kapten Perempuan Bakal Pimpin Kapal Induk Nuklir

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Angkatan Laut Amerika Serikat menunjuk wanita untuk memimpin kapal induk bertenaga nuklir. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah Angkatan Laut AS. Kapten Amy Bauernschmidt, seorang pilot helikopter karier, dipilih untuk menjadi komandan sebuah kapal induk pada tahun fiskal 2022.

Namun belum diketahui, mana dari 11 kapal induk Angkatan Laut yang akan ia pimpin. Demikian diungkapkan Pusat Penerbangan Angkatan Laut AS.

Bauernschmidt merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut AS tahun 1994. Di tahun yang sama Kongres mengubah undang-undang untuk mengizinkan wanita bertugas di kapal perang.

Bauernschmidt mengungkapkan hukum telah mengubah jalan hidupnya. “Kami adalah kelas pertama yang lulus karena mengetahui dan merasa terhormat dengan hak istimewa untuk bisa ikut mengabdi bersama rekan-rekan kami lainnya dalam pertempuran,” kata dia

Setelah memperoleh sayapnya dua tahun dari akademi, ia bergabung dengan Helikopter Anti-kapal selam Squadron Light 45 yang dikenal sebagai Wolfpack. Dia ditempatkan di kapal perusak USS John Young guna mendukung operasi larangan maritim.

Kemudian dia dipilih untuk memimpin Helicopter Maritime Strike Squadron 70, mendukung Operation Enduring Freedom di atas kapal induk USS George H.W. Bush.

Berdasarkan biografi resmi Angkatan Laut, dia juga terlibat sebagai pilot instruktur. Bauernschmidt telah menghabiskan lebih dari 3.000 jam terbang di pesawat Angkatan Laut. (*)

BERITA REKOMENDASI