Karantina Bagi WNI dan WNA Bakal Dikurangi Jadi 3 Hari

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah berencana mengurangi masa waktu karantina bagi WNI atau WNA dari luar negeri menjadi 3 hari.

“Ke depan jika situasi terus membaik, pemerintah berencana 1 Maret atau mungkin lebih awal dari 1 maret hari karantina diturunkan jadi tiga hari untuk seluruh PPLN,” kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dalam konferensi pers Evaluasi PPKM, Senin (14/2/2022).

Untuk kebijakan wajib karantina, mulai pekan depan pemerintah akan melakukan penyesuaian. Yakni bagi PPLN yang sudah mengambil vaksin booster, hanya perlu melakukan karantina sebanyak tiga hari dengan wajib melakukan PCR pada hari pertama dan terakhir.

“Mulai minggu depan PPLN baik WNA maupun WNI yang telah melakukan booster lama karantina dapat berkurang menjadi tiga hari dengan syarat tetap melaksanakan entry dan exit test PCR. Exit PCR dilakukan di hari ketiga di pagi hari dan PPLN dapat keluar saat hasil negatif keluar. PCR test ini bisa cuma beberapa jam,” tutur dia.

Bahkan, kata Luhut, pemerintah bisa saja menghapuskan syarat karantina WNI dan WNA pada 1 April 2022.

Dan jika kasus terus membaik dan vaksinasi terus meningkat tidak menutup kemungkinan pada satu april atau sebelum 1 april PPLN tidak akan lagi melakukan karantina terpusat bagi PPLN,” tutur dia.

BERITA REKOMENDASI