Kariye Susul Hagia Sophia dari Museum Jadi Masjid

Editor: Ivan Aditya

TURKI, KRJOGJA.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memutuskan untuk mengubah fungsi Museum Kariye di kota Istanbul menjadi masjid. Bangunan itu semula merupakan gereja Ortodoks kuno yang kemudian sempat berubah menjadi masjid, sebelum akhirnya difungsikan menjadi museum.

Museum Kariye sendiri telah diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Hal ini membuat Erdogan mengambil keputusan yang mirip seperti saat ia mengubah Hagia Sophia dari museum bersejarah menjadi masjid , sebulan lalu.

Sejarah Museum Kariye itu juga terbilang mirip dengan Sophia. Pada awalnya bangunan merupakan gereja Bizantium abad pertengahan yang dihiasi dengan lukisan dinding Penghakiman Terakhir abad ke-14 yang masih dianggap berharga oleh para pemeluk agama Kristen.

Gereja kemudian berubah fungsi menjadi masjid setengah abad setelah penaklukan Konstantinopel 1453 oleh Kekaisaran Ottoman. Lalu, tempat tersebut diubah lagi menjadi Museum Kariye setelah Perang Dunia ke-2. Tepatnya, saat Turki mendorong terciptanya republik baru dari abu Kekaisaran Ottoman. (*)

BERITA REKOMENDASI