Kayuh Sepeda dari China ke Brasil Demi Olimpiade

Editor: Ivan Aditya

CHINA (KRjogja.com) – Pria pensiunan bernama Chen Guanming akhirnya sampai di Kota Rio de Janeiro, Brasil, dua hari lalu setelah mengayuh sepeda gerobaknya selama tiga tahun dari China. Dia datang ke Rio untuk menyaksikan pertandingan Olimpiade.

Chen yang mantan petani itu pertama kali bersepeda dari rumahnya di Xuzhou menuju Beijing untuk menyaksikan Olimpiade pada 2008. Dia lalu kembali bersepeda dari China menuju London untuk menonton Olimpiade 2012. Dan kali ini dia kembali bersepeda ke Rio untuk menyaksikan Olimpiade.

Pria 60 tahun ini mengaku pada Olimpiade 2008 di Beijing dia bekerja sebagai sukarelawan. Dia waktu itu bersepeda sejauh 800 kilometer dari rumahnya di Xuzhou. Ketika dia menyaksikan acara penutupan Olimpiade Beijing Chen melihat wali Kota London Boris Johnson menerima bendera Olimpiade. Saat itulah dia mengetahui dia harus menyaksikan olimpiade berikutnya di London.

Chen membawa gerobak sepedanya selama dua tahun melewati sejumlah negara seperti Thailand dan Afganistan untuk mencapai London dengan tujuan menyebarkan semangat olimpiade ke seluruh dunia.

Ketika sampai di Inggris, dia dilihat oleh John Beeston, seorang direktur operasional di perusahaan asuransi. Dengan bahasa mandarinnya yang terbatas Beeston berbicara dengan Chen. Saat itulah dia mengetahui kisah Chen yang mengagumkan ini. Setelah kisahnya diliput berbagai media, Chen akhirnya diberi tiket menyaksikan acara pembukaan Olimpiade di London.

Setelah dari London, Chen kemudian meneruskan perjalanannya pulang ke China dan setelah itu dia sampai di Nova Scotia, Kanada. Dari sana dia melewati Amerika Serikat lalu Meksiko, hutan Amazon sebelum sampai ke Brasil. (*)

BERITA REKOMENDASI