Kazakhstan Rusuh, KBRI Minta WNI Waspada

NUR SULTAN, KRJOGJA.com – Kazakhstan tengah dilanda kericuhan. Duta Besar Republik Untuk Kazakhstan dan Tajikistan Muhammad Fadjroel Rahman pada Sabtu 8 Januari 2022 mengeluarkan imbauan untuk WNI di negara tersebut.

Dalam imbauannya, ia memastikan bahwa 141 warga negara Indonesia yang ada di Kazakhstan dan tiga lainnya di Tajikistan berada dalam kondisi “sehat dan aman.”

“Kami menjamin dan memberitahukan pada keluarga di Indonesia bahwa keadaan mereka sehat, aman; dan KBRI setia melayani mereka dalam masa state of emergency ini,” ujar Fadjroel dalam pesan video yang diterima VOA ketika mengontaknya terkait meluasnya kerusuhan yang berawal dari demonstrasi memprotes kenaikan harga BBM seperti dikutip dari VOA Indonesia, Minggu (9/1/2022).

Meskipun demikian, KBRI, tegas Fadjroel, meminta agar seluruh WNI “selalu waspada dan hati-hati, menjauhi kerumunan massa, tidak keluar rumah jika tidak perlu benar atau ada keperluan penting, mematuhi aturan yang dikeluarkan pemerintah setempat, menjaga ketertiban dan tidak ikut dalam aksi massa.”

Pernyataan ini dikeluarkan KBRI di Kazakhstan setelah kerusuhan meluas di negara itu sepekan terakhir ini. Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev pada Jumat 7 Januari bahkan mengeluarkan perintah tembak di tempat guna mengatasi aksi kekerasan yang dilakukan sebagian demonstran.

BERITA REKOMENDASI