Kazakhstan Siap Tengahi Konflik Korut – Korsel

Editor: Ivan Aditya

KAZAKHSTAN, KRJOGJA.com – Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia, Ashkat Orazbay, mengatakan negaranya siap menjadi salah satu penengah penyelesaian krisis di Semenanjung Korea.

"Kazakhstan memiliki pengalaman menjadi tuan rumah negosiasi damai konflik Suriah. Pada 2015 lalu, kami juga menjadi tuan rumah kesepakatan nuklir Iran dengan lima negara Barat. Karena itu kami sekarang juga siap menjadi penengah dan pendorong pembicaraan damai krisis di Semenanjung Korea," ucap Orazbay.

Orazbay mengatakan krisis Semenanjung Korea, terutama mengenai ambisi nuklir Korea Utara, merupakan salah satu fokus negaranya yang saat ini menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Dia bahkan mengatakan selama menjadi Ketua DK PBB pada Januari lalu, Kazakhstan turut mengangkat isu nuklir Korut agar terus mendapat perhatian dunia internasional.

Sebab, menurutnya, ancaman nuklir Korut adalah masalah kompleks dan besar yang tidak satu pun negara di dunia, termasuk Kazakhstan, bisa menyelesaikannya sendiri. Perlu usaha bersama komunitas internasional agar upaya denuklirisasi di Semenanjung Korea bisa terwujud.

"Bahkan Amerika Serikat tidak bisa mencapai hasil konkret untuk menyelesaikan masalah nuklir Korut. Selama menjadi anggota tidak tetap DK PBB, kami mengkoordinasikan upaya kolektif negara-negara di dunia untuk menyelesaikan masalah ini," kata Orazbay. (*)

BERITA REKOMENDASI