KBRI Kairo Beri Apresiasi Prestasi 170 Lulusan Al-Azhar

Editor: Ivan Aditya

MESIR, KRJOGJA.com – KBRI Kairo bekerja sama dengan Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) Mesir mengadakan wisuda dan apresiasi prestasi bagi 170 orang lulusan Universitas Al-Azhar di Wisma Duta, Selasa ( 27/10/2020). Tema yang diangkat untuk acara ini adalah ‘Kokohkan Jiwa Azhari, Wariskan Islam Wasathy, Mengabdi untuk Negeri’.

Acara yang digelar dengan konsep ‘Pass Through Graduation’ ini dihadiri oleh seluruh pegawai KBRI, Perwakilan Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Cabang Indonesia, Presiden PPMI dan jajarannya, serta beberapa pengusaha Indonesia di Mesir. Pada acara tersebut Rektor Universitas Al-Azhar, Ketua OIAA dan Wakil Menteri Agama RI juga memberikan sambutan dalam bentuk video.

Kepala Perwakilan RI Kairo/KUAI M. Aji Surya kepada KR Kamis (29/10/2020) mengatakan wisuda dan apresiasi prestasi mahasiswa Indonesia di Mesir ini merupakan acara tahunan yang dilaksanakan sejak 2017. Biasanya acara digelar di Al-Azhar Convention Center (ACC), namun karena kondisi pandemi Covid-19, acara kali ini diselenggarakan di Wisma KBRI dengan ikon ‘Merah Putih’ sebagai jati diri bangsa Indonesia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Tahun ini, tambah M. Aji Surya, dari 233 lulusan Al-Azhar tahun akademik 2019/2020, sebanyak 170 orang yang mengikuti acara wisuda dan apresiasi prestasi. Hal ini karena sebagian alumni telah kembali ke tanah air.

Secara terpisah Atase Pendidikan dan Kebudayaan Bambang Suryadi mengatakan dari segi prestasi dan capaian akademik, dari 170 orang lulusan Al-Azhar tersebut terdapat satu orang Mumtaz Ma’a Martabati Syaraf Ula, sembilan orang Mumtaz, 10 orang Jayyid Jiddan Ma’a Martabati Syaraf, 41 orang Jayyid Jiddan, 79 orang Jayyid, dan 30 orang Maqbul dan Tasfiyah.

“Sebagai bentuk apresiasi prestasi yang telah dicapai dan untuk memotivasi para mahasiswa Indonesia di Mesir, KBRI bersama donatur dan OIAA Cabang Indonesia memberikan hadiah laptop kepada empat lulusan terbaik dan uang cash dalam jumlah tertentu bagi 20 orang lulusan terbaik”, ungkap Bambang Suryadi .

Keempat lulusan terbaik yang mendapat hadiah laptop adalah Hafash Ubaidillah dari Fakultas Syariah Wa Qanun, Jurusan Syariah Ismaliyah dengan nilai kumulatif 88,72, Mu’adzah Nurul Azizah dari Fakultas Dirasat Islamiyyah Wal-Arabiyah, Jurusan Syariah Islamiyah dengan nilai kumulatif 88,66, Hamidatul Hasanah dari Fakultas Dirasat Islamiyyah Wal-Arabiyah, Jurusan Aqidah Wal-Falsafah dengan nilai kumulatif 87,40 dan Martha Mishbahul Munir dari Fakultas Syari’ah Wa Qanun, Jurusan Syari’ah Islamiyah dengan nilai kumulatif 87,31. (Fie)

BERITA REKOMENDASI