Keamanan Siber dan Literasi Digital dalam Medsos Harus Menjadi Perhatian Bersama

HONGKONG, KRJOGJA.com – Tim Program kemitraan Masyarakat (PkM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kegiatan sosialisasi keamanan siber dan literasi digital dalam media sosial (Medsos) di Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah (PCIA) Hongkong. Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan dengan mitra PCIA Hongkong secara daring.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 53 warga anggota PCIA Hongkong dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19. Kegiatan dilakukan, Minggu (31/07/2022) melalui aplikasi Zoom yang dibentuk oleh Tim PkM UAD.

Dikatakan, ada banyak keunggulan pemanfaatan ruang digital yaitu daya jangkau yang luas, tidak memerlukan tempat yang luas untuk mengumpulkan masyarakat dan juga tentu akan banyak menghemat biaya-biaya lainnya.

Antisipatif dampak negatif dari aktifitas di ruang media sosial dengan melakukan sosialisasi keamanan siber dan literasi digital dalam media sosial (Medsos). Kegiatan ini, memberikan wawasan dan peningkatan kesadaran akan pentingnya keamanan informasi serta etika medsosiah dalam penggunaan media sosial. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa mengantisipasi konten-konten yang melanggar kesusilaan, antisipasi penipuan, hoax, illegal konten, fitnah dan lain-lain.

BERITA REKOMENDASI