Keanekaragaman Hayati untuk Bumi yang Lebih Baik

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com – Selain Presiden Joko Widodo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar turut menyampaikan pidato di agenda United Nations Biodiversity Summit yang bertajuk ‘Urgent Action on Biodiversity for Sustainable Development’, Rabu (30/9/2020) waktu setempat.

Pidato tersebut disampaikan secara virtual di depan peserta Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang hanya dihadiri oleh duta besar negara di PBB. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Siti mengatakan bahwa kita harus senantiasa menjadikan bumi sebagai tempat yang layak bagi semua makhluk hidup.

“Untuk Indonesia, pendekatan One Health yang terdiri dari Healthy Environment, Healthy Animal dan Healthy People merupakan hal yang sesuai dengan kondisi global saat ini,” paparnya. Ia melanjutkan, Indonesia telah menetapkan 66 juta hektar dari 120 juta hektar kawasan hutan, 35 persen dari 190 juta hektar luas daratan serta menetapkan 23,38 juta hektar atau 7,19 persen dari luas wilayah laut sebagai kawasan yang dilindungi.

“Indonesia juga meningkatkan fungsi High Conservation Value Forest (atau Hutan Bernilai Konservasi Tinggi) sebanyak 1,34 juta hektar serta mengonsolidasikan habitat satwa yang terfragmentasi untuk keselamatan spesies,” ucap Menteri Siti.

BERITA REKOMENDASI