Kebakaran Hutan di Amerika Capai 3,2 Juta Hektar

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJa.com – Sejak awal 2020, kebakaran hutan di California telah menghanguskan lebih dari 3,2 juta hektare lahan, dan hampir seluas negara bagian Connecticut.

Pemadam kebakaran CalFire Butte County mengatakan hampir 16.500 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk menghadapi 28 kebakaran hutan hujan di California yang telah menewaskan 24 orang, menghancurkan lebih dari 4.200 bangunan.

Kebakaran yang terus berlanjut menyebabkan ribuan penduduk California harus menghadapi pemadaman listrik sebagian. “Ini adalah kebakaran besar yang intens. Ini adalah masalah yang sangat besar, langsung, dan mendesak,” kata politisi Amerika, Tom Steyer.

Baik Gubernur California, Gavin Newsom, dan Wali Kota Los Angeles, Eric Garcetti, mengaitkan parahnya kebakaran musim ini dengan perubahan iklim. Sementara Presiden Donald Trump mengatakan kebakaran itu disebabkan oleh pengelolaan lahan yang buruk.

“Penyangkalan tidak berhasil jika menyangkut iklim. Biaya dari penyangkalan itu berakibat orang kehilangan nyawa dan mata pencaharian mereka,” kata Garcetti.

Kebakaran hutan ini memecahkan rekor kebakaran di AS. Kurangnya curah hujan juga memperburuk situasi. (*)

BERITA REKOMENDASI