Kebakaran Hutan, Kanada Tetapkan Status Darurat

VANCOUVER, KRJOGJA.com – Tercatat ada 180 titik kebakaran hutan di wilayah British Columbia  yang menyebabkan evakuasi ribuan rumah di area Kanada bagian barat tersebut. Kebakaran hutan itu dilaporkan memicu status darurat.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Minggu (9/7/2017) kebakaran itu tersebar sejauh ratusan kilometer di wilayah Provinsi British Columbia. Titik api disebut tersebar melalui hutan kering yang difungsikan untuk penebangan dan padang rumput.

Suhu yang tinggi dan angin menyulitkan pemadam kebakaran untuk menjinakkan api. “Situasi cuaca tidak menguntungkan. Ada perilaku api yang sangat agresif sehingga sangat sulit untuk ditangkal secara langsung,” ujar pejabat Provinsi British Columbia, John Rustad.

Menyebarnya kebakaran hutan ini disebut dimulai pada Jumat 7 Juli 2017 dengan munculnya 138 titik api. Kebanyakan titik api tersebut diakibatkan oleh petir yang menyambar wilayah hutan.

Hingga saat ini masih belum ada laporan terkait korban luka atau tewas akibat kebaran hutan tersebut. Pejabat Provinsi British Columbia menyatakan, hingga saat ini masih belum bisa memperkirakan jumlah kerugian akibat kerusakan yang dipicu kebakaran. Pasalnya, banyak warga yang meninggalkan tempat tinggal serta hewan-hewan ternak mereka dengan saksi mata yang melihat rumah-rumah serta bangunan yang ditinggalkan tersebut hangus terbakar.

Pemerintah Federal Kanada telah menawarkan bantuan demi menekan kebakaran tersebut. John Rustad menyatakan, ia tengah menunggu sekira 260 personel dari wilayah lain di Kanada untuk membantu lebih dari 1.600 orang yang sedang berusaha memadamkan kebakaran dan membantu para warga yang terkena imbasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI