Kebakaran Hutan Landa Portugal

Editor: Ivan Aditya

LISBON (KRjogja.com) – Kebakaran hutan yang cukup besar melanda Pulau Madeira, Portugal. Setidaknya 27 rumah di dekat ibukota Funchal habis dilalap api. Saat ini, sekitar 400 orang sudah dievakuasi dari Pulau Madeira.

Presiden Regional Miguel Albuquerque mengatakan satu orang korban mengalami luka bakar cukup serius dan ratusan lainnya membutuhkan perawatan akibat menghirup asap. Asap dari kebakaran ini juga terbawa angin kencang, sehingga mengganggu beberapa penerbangan.

Alburquerque juga mengatakan api saat ini sudah bisa dikendalikan dan cuaca yang diperkirakan sejuk pada hari Rabu akan meredakan api. Pemadam kebakaran cukup kesulitan untuk menjinakkan api dikarenakan bukit yang curam dan hutan lebat di lokasi kejadian.

Beberapa tempat di Portugal juga dilanda kebakaran. Tercatat pada Selasa, 9 Agustus malam tujuh kebakaran besar yang mayoritas terjadi di bagian utara Portugal, sulit dikendalikan oleh pemadam kebakaran. Pemerintah mengerahkan lebih dari 4.000 personil pemadam kebakaran untuk meredakan api.

Kebakaran hutan sendiri sering terjadi di Portugal dan beberapa area di Eropa Selatan ketika musim panas tiba. Penyebab kebakaran diduga akibat cuaca panas yang melanda Madeira. Namun, kebakaran juga diduga terjadi akibat manajemen hutan yang buruk. (*)

BERITA REKOMENDASI