Kedubes Israel di Negara Sahabat Tutup

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Kedutaan besar Israel di seluruh dunia tutup pada hari ini, Rabu (30/10/2019). Penyebabnya adalah diplomat dan atase militer mereka melakukan mogok kerja karena berselisih dengan negara soal sejumlah biaya operasional.

Penyebab mogok kerja para diplomat dan atase militer itu karena Kementerian Keuangan mewajibkan mereka mengembalikan seluruh uang yang didapat dari hasil pengembalian (reimbursment) terkait kegiatan operasional. Tidak terima dengan kebijakan itu, Kementerian Luar Negeri bersama Kementerian Pertahanan dan Serikat Buruh Histadrut berkoordinasi untuk melakukan aksi mogok.

Aksi itu dimulai pada pukul 01.00 waktu Israel."Karena kebijakan Kementerian Keuangan Israel yang melanggar kesepakatan yang telah disetujui oleh Direktur Jenderal Kementerian Keuangan pada 21 Juli 2019, dan prosedur itu berlaku hanya satu sisi menggantikan aturan yang sudah dijalankan selama puluhan tahun, maka kami terpaksa menutup kegiatan kedutaan," demikian isi pernyataan seluruh kedutaan Israel melalui berbagai akun media sosial.

"Kami tidak akan melayani permintaan kekonsuleran dan tidak ada seorang pun yang boleh memasuki kedutaan atau konsulat," lanjut pernyataan itu.

Hal ini kemungkinan bakal menyulitkan warga Israel yang akan bepergian ke luar negeri, atau urusan lain seperti kehilangan paspor atau urusan gawat darurat. Di samping itu, kerja sama keamanan dan militer serta proses penjualan senjata dari dan ke Israel kemungkinan bakal terganggu. (*)

BERITA REKOMENDASI