Kekeringan Landa Taiwan

Editor: Ivan Aditya

TAIWAN, KRJOGJA.com – Taiwan mengalami kekeringan dan berdampak terhadap lebih dari satu juta rumah tangga dan perusahaan di negara itu. Akibat kekeringan itu, pemerintah Taiwan memberlakukan pembatasan penggunaan air.

Perusahaan air Taiwan saat ini melakukan kebijakan memutus pasokan air ke wilayah Taichung, Miaoli dan Changhua selama dua hari dalam sepekan. Namun, pemerintah juga memperingatkan para penduduk supaya bersiap jika keadaan tidak membaik.

Sementara di kota Tainan, ketinggian air di danau buatan terbesar di Taiwan, Tsengwen, kurang dari 12 persen. Sedangkan danau buatan Baihe bahkan sudah kering kerontang.

Kondisi itu terjadi diduga karena tidak ada topan yang singgah di Taiwan pada tahun lalu. Kondisi itu baru pertama kali terjadi selama 56 tahun belakangan.

Ancaman kekeringan itu bisa berdampak buruk terhadap industri manufaktur elektronik, khususnya pembuatan perangkat semikonduktor yang digunakan untuk ponsel iPhone hingga komputer. Sebab, saat ini ketersediaan perangkat itu di dunia semakin menipis karena produksi tersendat akibat pandemi virus corona. (*)

BERITA REKOMENDASI