Kelola Zakat, Nigeria Belajar ke Indonesia

TATA KELOLA zakat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menarik minat sejumlah pihak. Tidak sedikit lembaga dunia yang belajar ke Baznas.

Salah satunya lembaga pengelola zakat Negara Bagian Sokota, Nigeria, Sokoto State Zakat and Waqf Commission (Sozecom). Beberapa pengurus lembaga tersebut datang langsung ke Indonesia untuk belajar pengelolaan zakat ke Baznas.

"Baznas dan Sozecom sepakat untuk memajukan kedua organisasi, sehingga makin besar manfaatnya bagi umat," ujar Ketua Baznas, Bambang Sudibyo, dalam keterangan tertulisnya, Senin 22 Juli 2019.

Dalam kerja sama yang disepakati, Baznas memberikan izin program penghimpunan dan penyaluran zakat diadopsi oleh Sozecom.

Selama berada di Tanah Air, Sozecom juga diajak mengunjungi Baznas Microfinance Desa (BMD) dan Sekolah Cendekia, salah satu program penyaluran Baznas.

"Baznas sangat terbuka dengan lembaga di dunia yang ingin mempelajari program-program penghimpunan dan penyaluran zakat yang dilaksanakan dengan baik oleh Baznas," ucap dia.

Selain itu, Baznas juga telah menjalin beberapa kerja sama di bidang kemanusiaan bersama UNICEF.

Selain itu, Baznas juga menjadi inisiator dibentuknya World Zakat Forum (WZF) yang membawahi lembaga zakat di 33 negara. Bambang juga mendapatkan amanah sebagai Sekretaris Jenderal WZF.(*)

BERITA REKOMENDASI