Kemampuan Indonesia Tangani Virus Corona Diragukan Australia

AUSTRALIA, KRJOGJA.com – Pemerintah Australia memberikan update bagi para traveler yang ingin berkunjung ke Indonesia. Pembaharuan ini menyorot kasus baru Virus Corona (COVID-19) di Tanah Air.

Pada situs pemerintah Smartraveller, Senin (9/3/2020), otoritas Australia menyebut kemampuan Indonesia dalam mengendalikan Virus Corona tidak mumpuni. Turis Australia turut diberi penjelasan bahwa standar layanan kesehatan di Indoensia berbeda dari Australia.

“Ketersediaan pengujian dan fasilitas pengendalian infeksi terbatas dan risiko penularan virus bertambah. Layanan kritis untuk merawat warga Australia yang sakit parah, termasuk di Bali, kemungkinan secara signifikan di bawah standar di Australia,” jelas situs Smartraveller terkait situasi Indonesia.

Australia juga menyorot terbatasnya ketersediaan fasilitas karantina, seperti ruang isolasi. Namun, pemerintah Australia tak mengubah advice level ke Indonesia, yakni masih Waspada Tinggi.

Situs Smartraveller berada di bawah Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan.

Total pasien Virus Corona di Indonesia ada enam orang. Empat pasien berasal dari acara dansa pada pertengahan Februari lalu, dan dua lainnya adalah kru Diamond Princess.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto berkata kondisi para pasien membaik. Mayoritas kasus berasal dari acara pesta dansa dan satu orang dari kapal Diamond Princess.

Pasien dari acara pesta dansa tertular dari turis asal Jepang. Turis tersebut dirawat di Malaysia dan dilaporkan sudah sembuh dari Virus Corona.(*)

BERITA REKOMENDASI