Kenang 71 Tahun Hirosima, Warga Korsel Ikut Berdoa

HAPCHEON (KRjogja.com) – Warga di sebuah kota kecil yang berlokasi di Korea Selatan (Korsel) dilaporkan juga turut berdoa di tengah peringatan dijatuhkannya bom atom di Kota Hiroshima dan Nagasaki. Sebab selain para warga Jepang yang merasa kepedihan akibat bom tersebut, para warga Korsel yang tinggal di sana juga turut menjadi korban.

Sebagaimana dikutip dari NHK, Minggu (7/8/2016) ketika Kota Hiroshima dan Nagasaki dijatuhkan bom atom oleh Amerika Serikat, ternyata terdapat puluhan ribu warga Korea yang tinggal di sana. Banyak di antara para korban yang selamat dari tragedi kemanusiaan tersebut kini tinggal di sebuah kota kecil di Korsel.

Kota Hapcheon yang berlokasi di Provinsi Gyeongsang Selatan dikabarkan menjadi rumah untuk lebih dari 600 warga Korea yang selamat dari tragedi Hiroshima dan Nagasaki. Kota ini juga menjadi satu-satunya lokasi di Korsel yang melayani perawatan bagi para korban bom atom, sehingga karena itulah kota ini disebut sebagai Hiroshima dari Korsel.

Pada Sabtu 7 Agustus 2016, para korban selamat dan kerabat para korban dilaporkan terlihat berkumpul di sebuah aula yang berada di fasilitas perawatan tersebut. Mereka berkumpul untuk berdoa bersama demi mengenang korban tragedi yang terjadi pada 71 tahun tersebut.Dilaporkan, lebih dari 200 orang menghadiri upacara itu yang disusul dengan diletakkannya bunga di dekat nama-nama para korban. Salah seorang korban selamat yang sudah berusia 85 tahun menuturkan apapun yang terjadi senjata nuklir harus dihilangkan keberadaannya dari dunia. (*)

BERITA REKOMENDASI