Kerjasama Keamanan Jadi Pembicaraan Penting RI dan India

INDIA (KRjogja.com) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan ke India. Dalam lawatan tersebut, Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Jokowi disambut Modi dalam upacara kenegaraan kediaman resminya di Rashtrapati Bhavan. Usai penyambutan pertemuan dilangsungkan di Hyderabad House, New Delhi.

Selesai pertemuan Modi sempat menyampaikan kesedihan terkait gempa aceh. Bencana alam ini menelan ratusan korban jiwa.

"Saya sampaikan rasa duka cita mendalam atas jatuhnya korban bencana Gempa Aceh," sebut Modi dalam keterangan persnya, Senin (12/12/2016) malam.  

Menurut Modi pertemuan dengan Jokowi, ditujukan untuk membicarakan penguatan hubungan India dan RI. Ia menginginkan, masyarakat kedua negara dapat menikmati keuntungan relasi negaranya dan Indonesia.

Ia mengatakan, Indonesia merupakan negara penting bagi India. Hal ini bahkan sesuai kebijakan luar negeri yang diterapkan India.

"Indonesia adalah mitra paling berharga dalam kebijakan melihat ke timur kami," sebut jelas dia.

"Pembicaraan saya hari ini dengan Presiden Jokowi difokuskan pada kerjasama di semua bidang yang kami berdua lakukan. Kami setuju untuk memprioritaskan kerjasama dalam bidang pertahanan dan keamanan," sambung Modi. (*)

BERITA REKOMENDASI