Ketahuan Mabuk, Diplomat Taiwan Mundur

Editor: Ivan Aditya

TAIWAN (KRjogja.com) – Diplomat Taiwan yang baru diangkat untuk kantor perwakilan di Singapura, Antonio Chiang, mengajukan pengunduran diri sebelum menduduki jabatannya atas pelanggaran mengemudi dalam keadaan mabuk. Chiang menyatakan ketidakinginannya untuk menjabat dan dia hanya berkontribusi kepada negerinya itu.

"Namun, saya meminta maaf karena telah menodai pemerintahan ini, bahkan sebelum saya secara resmi menjalankan tugas saya di Singapura. Hari ini saya mengajukan permohonan pengunduran diri kepada Presiden Tsai Ing-wen dan Menteri Luar Negeri David Lee," katanya.

Juru bicara Kepresidenan, Alex Huang, menyatakan bahwa Presiden Tsai sangat menghormati keputusan Chiang dan pemerintahannya sedang mencari kandidat lain untuk mengiisi jabatan tersebut.

Chiang diberhentikan petugas kepolisian Taipei di Jalan Binjiang pada 2 Agustus malam lalu, hanya beberapa jam setelah mengucapkan sumpah untuk jabatan barunya dan dites breathalzer yang menunjukkan kandungan alkohol di dalam darahnya yang mencapai 0,27 mg/l atau hampir dia kali lipat dari yang diizinkan 0,15 mg/l. (*)

BERITA REKOMENDASI