Ketegangan China dan Korsel Berimbas Dunia Hiburan

Editor: Ivan Aditya

CHINA (KRjogja.com) – Ketegangan diplomatik antara Tiongkok dan Korea Selatan mencapai posisi baru setelah pengumuman pada 8 Juli lalu dari Angkatan Bersenjata AS dan Kementrian Pertahanan Negara Korea Selatan. Pengumuman tersebut mengungkapkan keputusan Angkatan Bersenjata AS dan Kementrian Pertahanan Negara Korea Selatan untuk menyebarkan THAAD atau Terminal High Altitude Area Defense, sebuah sistem pertahanan misil untuk menyerang senjata nuklir Korea Utara.

Namun, Tiongkok menolak keras keputusan ini karena mereka merasa tidak nyaman dengan penyebaran sistem berteknologi tinggi di dekat batas negara mereka. Belum jelas apakah Korea Selatan akan mengambil tindakan untuk mengakhiri masalah ini dengan Tiongkok atau tidak.

Yang lebih berat adalah, keputusan ini memberikan dampak negatif bagi dunia hiburan Korea juga, seperti dilansir dari Allkpop. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Umum Penyiaran Televisi Tiongkok, akan ada pembatasan aktivitas idola K-Pop di Tiongkok. Hal ini akan membatasi ruang lingkup promosi idola K-Pop karena mereka akan dilarang untuk melakukan aktivitas dan menggelar konser dengan lebih dari 10.000 penonton.

Jika hal ini terjadi, aktivitas dari sekian banyak idola K-Pop di masa depan di Tiongkok pastilah akan menjadi rumit. Tentu hal ini sangat disayangkan mengingat idola K-Pop menjadikan Tiongkok sebagai salah satu tempat promosi terbesar bagi mereka. Idola K-Pop juga sangat populer di Tiongkok. (*)

BERITA REKOMENDASI