Jepang Batal Rayakan Ultah Kaisar

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Jepang menyatakan akan membatalkan perayaan publik ulang tahun Kaisar Naruhito yang baru saja naik takhta pada Mei tahun lalu. Pembatalan ini dilakukan menyusul kepanikan warga Jepang yang meningkat seiring dengan penyebaran virus corona yang memburuk.

“Di tengah situasi-situasi yang beragam, kami memutuskan untuk membatalkan kunjungan publik ke istana dalam perayaan ulang tahun Yang Mulia Kaisar,” kata Lembaga Rumah Tangga Kekaisaran.

Pembatalan itu dilakukan tak lama setelah pemerintah Jepang memperingatkan seluruh masyarakat untuk menghindari kerumunan dan “perkumpulan-perkumpulan yang tidak penting”.

Per hari ini virus yang pertama kali menyebar dari Kota Wuhan, China, itu telah menewaskan 1.770 orang di seluruh dunia. Korban terbanyak berada di Provinsi Hubei, terutama Kota Wuhan.

Sementara itu, sejauh ini Jepang telah mengonfirmasi 60 kasus positif corona. Kementerian Kesehatan Jepang Katsunobu Kato memperingatkan warga bahwa Negara Matahari Terbit itu tengah memasuki “fase baru” penyebaran wabah corona.

“Karena itu kami ingin meminta publik untuk menghindari pertemuan dan perkumpulan yang tidak penting. Kami ingin warga lanjut usia dan yang memiliki kondisi-kondisi khusus untuk menghindari kerumunan di tempat umum,” kata Kato seperti dilansir AFP.

Perayaan ulang tahun Naruhito semula dijadwalkan berlangsung pada 23 Februari mendatang. Ini merupakan perayaan ultah pertama setelah Naruhito menjabat sebagai Kaisar Jepang. (*)

BERITA REKOMENDASI