Kibarkan Bendera Irak, Pria Mosul Ditahan ISIS

Editor: Ivan Aditya

IRAK (KRjogja.com) – Militan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS dilaporkan telah menahan sejumlah pria setelah bendera Irak berkibar di kota Mosul, benteng utama kelompok itu di negara tersebut. Sebuah sumber keamanan mengatakan bahwa bendera Irak dikibarkan di sebuah jembatan di distrik Muthana timur pada Selasa malam.

Tidak hanya bendera Irak, grafiti anti ISIS muncul di tembok-tembok kota Mosul. Hal ini menunjukkan tanda protes penduduk setempat terhadap atas pendudukan kota mereka. Mosul berada dibawah kendali ISIS sejak 2014.

Irak saat ini tengah menyiapkan operasi pembebasan Mosul. Komandan pasukan Irak menyatakan bahwa operasi pembebasan itu baru bisa dilakukan pada paruh kedua bulan Oktober mendatang.

Sebelumnya, Perdana Menteri Irkan Haider al-Abadi mengatakan AS siap untuk mengirimkan lebih banyak pelatih dan penasihat untuk membantu pasukan Irak selama pertempuran. Abadi menegaskan jika pasukan AS tidak akan ikut berperang dan jumlahnya akan berkurang segera setelah pembebasan Mosul. (*)

BERITA REKOMENDASI