Kim Jong-un Bagi Kewenangan Bersama Sang Adik

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, dilaporkan melimpahkan sebagian dari kewenangannya kepada sejumlah penasihat termasuk sang adik, Kim Yo-jong. Yo-jong akan mengawasi jalannya pemerintahan dan kebijakan Korut.

“Saat ini Kim Yo-jong yang merupakan Wakil Direktur Departemen I Komite Sentral Partai Buruh Korea Utara menjalankan seluruh urusan pemerintahan berdasarkan penugasan,” demikian menurut penjelasan dari Badan Intelijen Korea Selatan (NIS).

NIS menyatakan saat ini Kim Jong-un masih berkuasa secara absolut di Korut. Namun, beberapa urusan yang menjadi kewenangannya diserahkan kepada pihak lain.

“Yo-jong secara de facto adalah pemimpin nomor 2 di Korut, tetapi mereka sampai saat ini belum memilih pengganti Kim Jong-un,” demikian lanjut penjelasan NIS.

Menurut NIS, selain Yo-jong, pejabat Korut yang juga diberi kewenangan kekuasaan dalam pemerintahan oleh Kim Jong-un adalah Wakil Ketua Komisi Urusan Dalam Negeri Korut, Pak Pong-ju, dan Perdana Menteri Kim Tok-hun. (*)

BERITA REKOMENDASI