Kim Jong-un Bisa Bernasib Seperti Khaddafi

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJa.com – Angkatan Darat Amerika Serikat mengklaim Korea Utara sampai saat ini mempunyai 60 bom nuklir, dan menjadi negara ketiga di dunia yang mempunyai persediaan senjata kimia mencapai 5.000 ton.

Pernyataan itu tercantum di dalam laporan Markas Besar Angkatan Darat AS berjudul Taktik Korea Utara yang diterbitkan pada Juli lalu. Mereka mengklaim rezim pemerintah Korut tidak bakal menyerahkan begitu saja senjata ini demi keberlangsungan kekuasaan mereka.

“Diperkirakan ada 20 sampai 60 bom nuklir yang dimiliki Korea Utara, dengan kemampuan produksi enam buah setiap tahun,” demikian isi laporan AD AS.

Menurut perkiraan AD AS, Korut akan memiliki sekitar 100 bom nuklir pada akhir tahun ini. “Korut mengembangkan senjata nuklir karena pemimpinnya diajarkan bahwa serangan nuklir akan mencegah negara lain untuk berusaha menumbangkan rezim itu,” lanjut isi laporan itu.

Selain itu, AD AS memperkirakan Pemimpin Korut, Kim Jong-un, tidak ingin bernasib sama seperti mendiang pemimpin Libya, Muammar Khaddafi. (*)

BERITA REKOMENDASI