Kim Jong Un dan Xi Jinping Bertemu di Beijing

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden China Xi Jinping mengadakan pertemuan di Beijing, lawatan pertama Kim sejak menjabat pada 2011. Istri Kim dikabarkan turut mendampingi.

Baik media China maupun Korea Utara telah memastikan bahwa Kim Jong Un telah melakukan kunjungan kenegaraan ke China. Kim tiba di Beijing atas undangan Presiden China Xi Jinping, dan tinggal di China dalam kunjungan tidak resmi.

Lawatan Kim ke China dilakukan menjelang pertemuan Kim Jong Un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sekitar akhir Mei. Tanggal pasti belum ditetapkan. Namun dikhawatirkan isu denuklirisasi bakal menjadi ganjalan dan gagal mencapai terobosan.

Meski begitu, menyusul negosiasi dengan Xi, Kim mengindikasikan bahwa Pyongyang siap berkompromi. "Ini sikap konsisten kami untuk berkomitmen pada denuklirisasi di semenanjung, sesuai dengan wasiat mendiang Presiden Kim Il Sung dan almarhum Sekretaris Jenderal Kim Jong Il," kata Kim Jong Un.

Kim juga menyiratkan bahwa Korut siap memusnahkan senjata nuklirnya, asalkan Amerika Serikat dan sekutunya, Korea Selatan mau bekerja sama."Masalah denuklirisasi Semenanjung Korea bisa diselesaikan jika Korea Selatan dan Amerika Serikat menanggapi upaya kami dengan niat baik, menciptakan suasana damai, dan stabilitas sambil mengambil langkah-langkah progresif dan selaras untuk mewujudkan perdamaian," kata dia. (*)

BERITA REKOMENDASI