Kim Jong Un Klaim Peluncuran Rudalnya Sukses

Editor: Ivan Aditya

PYONGYANG (KRjogja.com) – Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, mengawasi percobaan peluncuran rudal balistik bawah laut ke Laut Jepang yang dilakukan oleh Korea Utara. Ia mendeklarasikannya sebagai sukses terbesar yang menempatkan negara mereka pada peringkat depan dalam kekuatan nuklir militer.

Korea Utara meluncurkan rudal balistik bawah laut (SLBM). Rudal tersebut terbang sejauh 500 km sebelum akhirnya mendarat di Laut Jepang. Pemerintah Korea Selatan dan para ahli mengatakan bahwa peluncuran ini menunjukkan peningkatan teknis pada program SLBM Korea Utara.

“Percobaan peluncuran ini telah sukses dilakukan di bawah bimbingan panglima tertingga tentara Korea (KPA), Kim Jong Un,” kata agensi berita milik Pemerintah Korea Utara, KCNA.

Laporan KCNA tidak menuliskan tanggal peluncuran rudal karena mereka sudah terbiasa menghilangkan referensi waktu dan tempat dari aktivitas pemimpinnya. Militer Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan bahwa rudal diluncurkan dari pesisir Korea Utara dekat Kota Sinpo, tempat markas angkatan laut Korea Utara berada, menuju Jepang. (*)

BERITA REKOMENDASI