Kim Jong Un Paksa Mantan Prajurit Bertani

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Mantan tentara Korea Utara kini disuruh Kim Jong-un bertani sebagai bagian dari strategi peningkatan produksi agrikultur negara itu. Banyak dari mereka yang mengeluh karena harus kembali bekerja meski telah pensiun dari militer.

Setiap laki-laki Korea Utara harus menjalani wajib militer selama tujuh tahun setelah lulus sekolah menengah. Namun, prajurit yang pensiun saat ini memberikan layanan militer minimum sepuluh tahun.

“Otoritas membuat keputusan ini dalam rapat pleno keempat Komite Sentral Partai Buruh Korea pada akhir Desember. Mereka akan mengirim sekelompok tentara yang sudah berhenti (untuk bertani) ke ladang,” kata seorang pejabat dari Pyongan Utara kepada Radio Free Asia pada 3 Januari.

“Mereka adalah tentara yang baru saja berhenti pada akhir 2021 atau baru ingin berhenti. Banyak dari mereka yang merasa tidak puas,” ucap sumber itu lagi.

Ada satu kelompok beranggotakan 200 veteran yang dikirim di kota Chongju ketika mereka tengah melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman masing-masing. Ratusan prajurit lain yang berhenti pada November dan Desember masih menunggu penugasan mereka. (*)

BERITA REKOMENDASI