Kim Jong Un Pamerkan Senjata Canggih Militer Korut

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Korea Utara dilaporkan telah mengadakan pawai militer besar-besaran pada Sabtu (10/10/2020) pagi, dengan memamerkan senjata terbaru dan tercanggih di ibu kota negara, Pyongyang. Pawai ini disebut menjadi bagian dari peringatan 75 tahun Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara.

Pawai itu biasanya menampilkan ribuan tentara yang melangkah melalui Lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, di bawah pengawasan Pemimpin Korut, Kim Jong-un. Iring-iringan kendaraan lapis baja dan tank juga akan mengikuti langkah tentara tersebut, dengan puncaknya yakni menyoroti pameran rudal.

“Tanda-tanda pawai militer – yang melibatkan peralatan dan orang-orang dalam skala besar – terdeteksi di Lapangan Kim Il Sung pagi ini,” kata kepala staf gabungan Seoul dalam sebuah pernyataan.

Korea Utara secara luas diyakini terus mengembangkan persenjataannya sepanjang negosiasi nuklir dengan Washington menemui jalan buntu sejak runtuhnya KTT di Hanoi pada Februari tahun lalu. Analis memperkirakan rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) baru atau rudal balistik antarbenua (ICBM) yang mampu mencapai daratan AS ikut dipamerkan dalam pawai militer itu. (*)

BERITA REKOMENDASI