Kim Jong Un Punya Paspor Brasil Palsu

Editor: Ivan Aditya

BRAZIL, KRJOGJA.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan almarhum ayahnya Kim Jong Il dilaporkan nemiliki dan menggunakan paspor Brasil palsu. Lima sumber keamanan senior Eropa Barat mengatakan kepada Reuters bahwa keduanya gunakan paspor tersebut untuk pengajuan visa kunjungan ke negara-negara Barat di tahun 1990an.

Meski telah diketahui keluarga penguasa Korea Utara tersebut menggunakan dokumen perjalanan palsu, tidak pernah ada bukti spesifiknya. Fotokopi paspor Brasil yang dilihat Reuters ini belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

"Mereka menggunakan paspor Brazil ini, yang dengan jelas memperlihatkan foto Kim Jong Un dan Kom Jong Il, untuk mendapatkan visa dari kedutaan asing," kata seorang sumber keamanan senior.

Kedutaan Korea Utara di Brasil menolak untuk berkomentar. Di sisi lain, kementerian luar negeri Brasil menyatakan pihaknya sedang menyelidiki kasus tersebut.

Seorang sumber di Brazil yang tidak mau disebut namanya mengatakan keabsahan kedua paspor dipertanyakan, lantaran saat dikirim untuk diterbitkan konsulat dalam kondisi paspor kosong.

Empat sumber keamanan senior Eropa lainnya memastikan bahwa dua paspor Brasil berfoto para Kim atas nama Josef Pwang dan Ijong Tchoi pernah digunakan untuk pengajuan visa di setidaknya dua negara Barat. Tidak jelas apakah ada visa yang pernah dikeluarkan.

Kedua paspor kemungkinan pernah digunakan untuk bepergian ke Brasil, Jepang dan Hongkong, kata sumber tersebut. Pada 2011, surat kabar Jepang Yomiuri Shimbun mengabarkan bahwa saat kecil Jong Un berkunjung ke Jepang menggunakan paspor Brasil di tahun 1991. Ini terjadi sebelum tanggal penerbitan kedua paspor Brasil tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI